Pattern Pada Yast

ass…

apakabar dunia .. Tetap Asik .. gimana nich .. sobat yang kemaren dah dicoba belum .. ( wah jangan jangan salah lagi ) . aku da informasi baru nich .. yach .. mengenai yast juga . langsung aja dech ….

Di dalam yast itu ada yang namanya Software Management yang fungsinya untuk mengontrol software apa saja yang akan kita gunakan di dalam linux yang kita install. Untuk mengistall itu maka kita tinggal mengetikannya saja di area search dan setelah itu kita langsung mendapatkan package yang kita inginkan, apakah ada di repositories atau tidak .. tetapi masalahnya adalah bisa gak sich kalo kita ingin menginstall Sebuah informasi itu tidak satu – satu tapi semua package langsung semua.. Contoh kita ingin menginstall DNS pada linux bagaimana caranya supaya kalo kita ketik dns maka semua yang berhubungan dengan DNS akan terinstall semua .. Tapi kalo secara biasa maka tidak bisa kita melakukannya secara otomatis, tetapi harus satu-satu dulu..

Maka dari itu sebenarnya di yast ada satu fasilitas yang bisa melakukan itu yaitu namanya Pattern. bagaimana cara menggunakannya pertama buka Software Management yang ada di Yast . sudah … (kaya maen tak umpet aja nich .. )

Kalo udah maka silahkan lihat di bagian kiri atas .. ada combo box pilihan untuk Filternya .. maka ganti filternya menjadi Pattern … setelah itu anda bisa mengetikkan package apa yang ingin anda install maka secara otomatis si yast akan menginstall semua package yang berhubungan dengan package yang kita cari..

Misal kita ingin menginstall semua package DNS .. kita tinggal mengetik DNS maka semua package yang mensuport berlangsungya pacakge DNS akan dicentang dan kita tinggal menekan tombol next or finish .. maka semua package akan terinstall secara otomatis ..

thanks ..

Leave a comment